5 Manfaat Ajarkan Anak Berbagi, Tumbuhkan Rasa Empati Hingga Bikin Happy

Berita242 Dilihat

Rabu, 2 Agustus 2023 – 23:51 WIB

JAKARTA – Mengajarkan anak untuk berbagi harus dilakukan sejak dini, karena memiliki banyak manfaat untuk buah hati. Hal itu turut diungkap oleh Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga Tiga Generasi, Ayoe Sutomo, M.Psi. 

Baca Juga :

Sarapan Jadi Salah Satu Kunci Penting Mencegah Anak Stunting

Menurutnya, anak sudah mulai berkenalan dengan konsep berbagi sejak usia 3 tahun. Sebab, anak sudah mulai bersosialisasi dan memahami keberadaan orang lain di sekitar, maka secara perlahan memperkenalkan konsep berbagi dapat dimulai di usia ini. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

“Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan konsep dan mengajarkan berbagi pada anak, bisa dimulai dengan perkenalkan dengan cara menyenangkan dan tidak memaksa, memberi contoh, menggunakan media yang menyenangkan seperti bercerita dan dongeng,” ujar Ayoe dalam keterangannya, dikutip Rabu 2 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Aksi Kombes Iqbal dan Anak Buah Tekan Angka Stunting di Aceh

Selain itu, lanjut Ayu, mengajak anak bergabung dalam kelompok yang mendorongnya untuk berbagi, berikan penguatan positif untuk perilaku berbagi, dan fasilitasi kegiatan atau momen khusus untuk berbagi bersama dengan keluarga. 

Baca Juga :

Mengapa Orang Bisa Tiba-tiba Menangis saat Terbangun dari Mimpi?

“Mengajarkan anak konsep berbagi sejak dini memiliki banyak manfaat untuk perkembangan sosial dan emosi anak, di antaranya melatih anak meningkatkan keterampilan sosial yang positif, membantu anak mengembangkan kemampuan empati, membantu anak berlatih mengurangi potensi konflik, meningkatkan perasaan bahagia pada anak, serta membantu anak membangun lingkungan sosial yang positif,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Ayoe, orangtua memiliki peran sangat besar dalam mengajarkan konsep berbagi, karena anak-anak mengamati dan meniru perilaku orangtua, baik secara disadari maupun tidak. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *