Alasan LMKN InginPemerintah Segera Keluarkan SKB untuk Hak Cipta Musik dan Lagu

Berita222 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 11:48 WIB

JAKARTA – Ketua Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) Periode 2022 – 2025, Dharma Oratmangun, menekankan pentingnya Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dikeluarkan pemerintah guna meningkatkan angka penghimpunan royalti, yang menurutnya saat ini masih jauh dari yang seharusnya.

Baca Juga :

Nanda Persada Sebut Netizen Show sebagai Langkah Peduli Isu Hangat Tanah Air

SKB ini bertujuan untuk memastikan seluruh penyelenggara acara komersial yang memanfaatkan karya hak cipta dalam musik dan lagu untuk mengurus lisensi sebelum menggelar acaranya. LMKN telah menyediakan platformnya. Scroll lebih lanjut.

“Sebelum mengeluarkan izin keramain pertunjukan musik, pihak penyelenggara harus mengurus lisensi penggunaan karya cipta lagu yang dikeluarkan oleh LMKN,” ujar Dharma Oratmangun dalam diskusi yang diadakan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca Juga :

La Nina Bikin Pendapatan dan Laba Bersih BUMI Anjlok di Semester I-2023

Dia menambahkan, platform tersebut sudah siap digunakan dan telah mulai beroperasi beberapa bulan belakangan di sejumlah daerah. Penerapan perizinan lisensi sebagai syarat dikeluarkannya izin keramaian akan memastikan tidak ada lagi penyelenggara konser musik yang mengabaikan pembayaran royalti, sehingga pendapatan royalti akan meningkat. 

Baca Juga :

Ian Kasela Disomasi Pencipta Lagu Cinderella dan Dituntut Ganti Rugi Senilai Rp20 Miliar

Oratmangun juga mengungkapkan bahwa angka yang harus dibayarkan para pengguna hak cipta sebenarnya tidaklah besar, dan tidak akan membebani mereka. Dia berharap SKB segera dikeluarkan pemerintah sehingga para pencipta lagu dapat memperoleh hak-haknya, dan lewat karya mereka, dapat meningkatkan kehidupan mereka.

Ilustrasi mendengarkan musik.

Ilustrasi mendengarkan musik.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *