Ferdy Sambo Batal Dihukum Mati, Politikus Demokrat Singgung Adanya Akses Kekuasaan

Berita235 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 10:46 WIB

Jakarta – Mantan kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Ferdy Sambo lolos dari hukuman mati dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Mahkamah Agung (MA) melalui putusan kasasinya menganulir vonis hukuman mati Sambo menjadi pidana penjara seumur hidup.

Baca Juga :

DPR Minta Publik Terima Putusan MA Potong Hukuman Ferdy Sambo sebagai Realitas Hukum

Merespons hal tersebut, politikus Partai Demokrat sekaligus anggota Komisi III DPR RI Santoso meyakini tak ada intervensi terhadap hakim dalam memutus putusan kasasi itu.

“Siapa pun tidak dapat mengintervensi kemandirian hakim dalam menentukan vonis atas putusan yang dibuat. Karena kemerdekaan atau independensi hakim dilindungi oleh Undang-Undang sehingga apapun yang diputuskan hakim adalah bukan atas tekanan dan pengaruh pihak mana pun melainkan penilaian pribadi atas dasar latar belakang keputusan itu diambil,” kata Santoso saat dihubungi wartawan, Rabu, 9 Agustus 2023.

Baca Juga :

Gagahnya Mobil Andalan Hakim yang Anulir Hukuman Mati Ferdy Sambo

Sidang Vonis Ferdy Sambo

Santoso menilai kemandirian merupakan senjata utama hakim dalam memutus suatu perkara, termasuk dalam memutuskan putusan kasasi yang diajukan Ferdy Sambo dan tiga terpidana pembunuhan Brigadir J.

Baca Juga :

Respons Kejaksaan soal Kasasi Ferdy Sambo Cs Dikabulkan MA

Namun demikian, senjata itu kerap dimanfaatkan pihak-pihak tertentu yang memiliki akses kekuasaan yang kemudian memengaruhi putusan hakim. “Yang saat ini lebih banyak digunakan untuk menguntungkan pihak-pihak yang memiliki akses kekuasaan dan kapital untuk memengaruhi putusan hakim.”

Halaman Selanjutnya

Jika dipengaruhi akses kekuasaan, menurut Santoso, hilanglah nurani para hakim dalam memutuskan suatu perkara. Putusan itu justru akan” akan membangkitkan kekecewaan dan kemarahan publik”.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Tempat Nongkrong Murah Di Kota Makassar Terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *