Ganjar Ungkap Jurus Bina 183 Ribu UMKM hingga Menyerap 1,3 Juta Tenaga Kerja

Berita242 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 16:30 WIB

Solo – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri acara puncak Hari UMKM Nasional Tahun 2023 di Pamedan Mangkunegaran, Kota Solo, Jateng, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Baca Juga :

Respons Golkar-PAN Dukung Prabowo, Ganjar ‘De Javu’ Pilpres 2014 saat Jokowi Dikeroyok

Dalam sambutannya, Ganjar mengungkapkan cara sukses membina 183.181 unit UMKM yang berhasil mencatatkan Rp 38,9 triliun nilai transaksi, omzet Rp 68,7 triliun, dan menyerap 1.337.156 tenaga kerja. Yakni dengan memfasilitasi mereka lewat pelatihan leveling.

“Inilah pelatihan manajemen yang berjenjang yang kita lakukan sampai dengan pelatihan 3 level. Ada lima macam pelatihan dan levelnya tiga. Jadi kalau lulus satu, maka baru boleh naik ke dua. Kalau satu tidak lulus, maka tidak boleh. Itu artinya tidak naik kelas,” kata Ganjar di lokasi.

Baca Juga :

Misbakhun Ajak Pelaku UMKM Membiasakan Bertransaksi Menggunakan QRIS

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Pelatihan levelling diadakan Ganjar melalui Balai Latihan Koperasi (Balatkop) UKM Jateng sebagai terobosan baru agar UMKM mampu mengikuti perkembangan usaha dan perekonomian saat ini. Sehingga lebih efektif dan dapat bersaing di dunia usaha.  

Baca Juga :

Nobu Bank Gandeng MD Co Berdayakan 10.000 UMKM Ekonomi Kreatif

Terdapat tiga topik utama pada tiga level pelatihan ini. Level pertama membahas Manajemen Pemasaran, kedua soal Operasional dan SDM, serta ketiga lebih menekankan Usaha dan Keuangan. 

Masing-masing topik di pelatihan leveling menampung 5 angkatan yang dibagi ke dalam 3 level. Setiap angkatan memiliki 25 peserta. Pelatihan biasanya digelar 4-5 hari di berbagai kota atau kabupaten di Jateng.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *