Gianluigi Buffon Mau Pensiun di Usia 45 Tahun, Berikut 8 Catatan dan Rekor Sang Kiper

Berita261 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta Kiper legendaris asal Italia Gianluigi Buffon telah mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari sepak bola di usia 45 tahun dan memutuskan kontrak dengan Parma.

Berdasarkan Daily Mail, Rabu, 2 Agustus 2023, Buffon berniat untuk terus bermain sampai Piala Dunia 2026 dan juga ingin menyelesaikan kontraknya bersama Parma yang baru akan habis pada Juni 2024. Namun, serangkaian cedera yang terus dialami membuat mantan kiper Juventus dan timnas Italia itu membuatnya berubah pikiran.

Selama kariernya, Buffon telah banyak mencatatkan rekor fantastis yang nampaknya akan sulit disalip pemain lain. Berikut deretannya. 

  1. Caps terbanyak di timnas Italia

Menguitp 90 Min, pada 11 Oktober 2013 Buffon mencatatkan pertandingannya yang ke-137 untuk timnas Italia, mengungguli pemegang rekor sebelumnya, yakni Fabio Cannavaro.

Dia berhasil mencapai 175 sebelum mengumumkan pensiun internasionalnya setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018, hanya untuk kembali dan menambah jumlah golnya menjadi 176 dengan satu penampilan terakhir pada Maret 2018.  

  1. Clean sheet Serie A terbanyak berturut-turut

Ketika Buffon mencatatkan clean sheet dalam laga melawan Udinese pada 17 Januari 2016, tidak ada yang mengira dia bisa mempertahankannya dalam waktu yang lama. Secara total, sepuluh tim secara berturut-turut gagal mengoyak jala Buffon. Catatan itu membantu Juventus berhasil rival-rivalnya dalam perburuan gelar seperti Napoli dan Inter. 

  1. Menit terbanyak tanpa kebobolan gol di Serie A

Setelah melewati rekor legenda Juventus Dino Zoff dari 903 menit tanpa kebobolan gol Serie A, Buffon hanya membutuhkan 181 detik lagi melawan Torino pada 20 Maret 2016, untuk memecahkan rekor Sebastiano Rossi dari 929 menit.

Kiper Parma, Gianluigi Buffon. (Instagram/@gianluigibuffon)

Dia pun berhasil mencatatkan rekor yang melampaui capaian Rossi. Rekor itu terhenti di menit 974 setelah tembakan Andrea Belotti berhasil membuat Buffon memungut bola dari gawangnya. 

  1. Clean sheet terbanyak dalam sejarah Serie A
Baca Juga  Bank Mandiri Gandeng Trimegah Asset Management Pasarkan Reksa Dana

Iklan

Sebelum adanya Buffon, kiper legendaris Italia Dino Zoff bertengger kokoh di posisi puncak dengan raihan 276 clean sheet Serie A jauh di atas yang lain. Di belakangnya, ada Enrico Albertosi dengan capaian yang masih terlampau jauh, yakni hanya 237.

Fakta itu membuat raihan Zoff nampak sangat sulit untuk dipecahkan, sebelum akhirnya Buffon tiba. Pada 22 Januari 2017, Buffon mencatatkan clean sheet ke-277 di Serie A saat Juventus mengandaskan perlawanan Lazio. Hingga laga terakhirnya di Serie A pada 12 Mei 2021, ia total telah mencatatkan 299 clean sheet.  

  1. Penampilan terbanyak di Seri A

Sulit membayangkan seseorang memecahkan rekor Paolo Maldini untuk penampilan terbanyak di Serie A, terutama ketika penantang terbesarnya, tentu saja Buffon, meninggalkan Juventus ke PSG pada 2018.

Tetapi, kembalinya Buffon kembali ke Italia selang satu tahun kemudian membuat rekor Maldini itu pun pecah. Pada 4 Juli 2020, Buffon mencatatkan pertandingan liga ke-648 di kasta tertinggi Italia, melewati 647 yang dimainkan oleh Maldini. 

  1. Gelar Serie A terbanyak

Memenangkan satu gelar Serie A tentu mengesankan, tapi sembilan? tentu luar biasa.  Setelah mengangkat trofi untuk pertama kalinya pada 2002, Buffon menjadi pemain pertama yang memasukkan sembilan trofi ke dalam koleksinya saat Juventus dinobatkan sebagai juara musim 2019/20 pada 26 Juli 2020. 

  1. Penampilan Terbanyak di 5 Liga Top Eropa

Dengan memulai kemenangan 1-3 atas Sassuola pada 12 Mei 2021, Gianluigi Buffon mencatatkan penampilannya yang ke-657 di liga utama Eropa, sesuatu yang belum pernah dilakukan siapa pun sebelumnya. Dia memecahkan rekor yang dibuat oleh legenda Liga Premier Inggris, Gareth Barry yang menorehkan 653 penampilan.

Pilihan editor: Terus Diganggu Cedera Gianluigi Buffon Putuskan Pensiun Lebih Cepat dari Rencana

Baca Juga  10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk Di Dunia, Indonesia Masuk



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *