Gus Salam Dicopot PBNU, PWNU Jatim Gelar Rapat Gabungan Rabu Besok

Berita229 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 10:59 WIB

Surabaya – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menjadwalkan rapat gabungan sebagai respons atas keputusan Pengurus Besar NU (PBNU) mencopot KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dari jabatan Wakil Ketua PWNU Jatim. Rapat gabungan itu akan dilaksanakan Rabu, 16 Agustus 2023, besok.

Baca Juga :

Kronologi Gus Salam Dicopot PBNU dari PWNU Jatim

Rapat gabungan tersebut akan dihadiri jajaran syuriah dan tanfidziyah PWNU Jatim. “[Rapat gabungan digelar] Rabu jam 12.30 di PWNU Jatim, merespons surat dari PBNU,” kata Gus Salam dikonfirmasi VIVA pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Sebelumnya diberitakan, PBNU memberhentikan KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dari jabatan Wakil Ketua PWNU Jawa Timur. Cucu pendiri NU Almarhum KH Bisri Syansuri itu dinilai melanggar peraturan organisasi karena turut terlibat menggugat PBNU terkait pembentukan kepengurusan PCNU Jombang.

Baca Juga :

Fakta-fakta Gus Salam Dicopot dari Wakil Ketua PWNU, Ternyata Masalahnya Ini

Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur (Jatim) Gus Salam

Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur (Jatim) Gus Salam

Informasi soal pemberhentian Gus Salam tersebut mulanya terkuak dari surat PBNU yang tersebar di jejaring WhatsApp. Surat pemberitahuan itu bernomor 831/PB.03/A.I.03.44/99/08/23 tertanggal 8 Agustus 2023. Surat itu ditandatangani oleh Abdullah Latopada selaku Ketua PBNU dan Faisal Saimima selaku Wakil Sekretaris Jenderal PBNU.

Baca Juga :

Dicopot PBNU dari Wakil Ketua PWNU Jatim, Gus Salam: Saya Siap Terima Risikonya

Dalam surat disebutkan, keputusan itu berdasarkan hasil rapat harian syuriah dan tanfidziyah PBNU terkait dugaan perbuatan melawan hukum, berkaitan dengan gugatan yang menyasar PBNU soal penunjukan ketua dan struktur kepengurusan PCNU Jombang. Nah, nama Gus Salam termasuk salah satu yang menggugat PBNU.

Baca Juga  Eks Kadis PUPR Papua Ungkap Lukas Enembe Tukar Proyek dengan Dana Pilkada

PBNU menilai, Gus Salam melanggar Pasal 71 ARTNU dan Pasal 6 Peraturan Perkumpulan NU Nomor 13 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pergantian Pengurus Antar Waktu dan Pelimpahan Fungsi Jabatan.

Halaman Selanjutnya

“Salah satu keputusan Rapat Harian Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama adalah memberhentikan pejabat pengurus dimaksud (Gus Salam dan Sugianto) sesuai peraturan yang berlaku pada perkumpulan Nahdlatul Ulama,” tulis surat itu pada poin ketiga.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *