Mengenal Fadhilah Mathar, Profil Dirut Bakti Kominfo Baru

Berita271 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi resmi melantik Fadhilah Mathar sebagai Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau Dirut BAKTI baru. Fadhilah diketahui menggantikan posisi Anang Achmad Latif yang tersandung kasus dugaan korupsi base transceiver station (BTS) 4G.

“Saya Menteri Komunikasi dan Informatika dengan ini secara resmi melantik saudari dalam jabatan baru dalam lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Semoga saudari menjalani tugas sebaik-sebaiknya,” ujar Budi Arie dalam acara pelantikan yang digelar di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat pada Senin, 14 Agustus 2023.

Pengangkatan Fadhilah Mathar tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 362 tahun 2023 tentang pengangkatan Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo RI. Sebelum dilantik, Fadhilah telah melalui sejumlah rangkaian seleksi jabatan. Hingga akhirnya ia berhasil menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Ade Dimijanty dan Kustanto.

Lantas seperti apa sosok Fadhilah Mathar? Simak profil lengkapnya berikut ini.

Profil Fadhilah Mathar

Fadhilah Mathar merupakan Direktur Utama BAKTI yang baru. Wanita berusia 44 tahun ini dilantik untuk menjabat sebagai Dirut BAKTI dengan masa jabatan yang berlaku selama 5 tahun sejak pelantikan, terhitung 2023 hingga 2028.  Fadhilah Mathar juga akan bertugas melanjutkan proyek base transceiver station (BTS) yang sempat tertunda. Target akhir tahun 2023 rampung harus terlaksana.

Sosok Fadhilah Mathar sebenarnya bukanlah orang baru di unit organisasi non-eselon di lingkungan Kominfo ini. Sebelumnya, wanita yang berdomisili di Jakarta ini menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI. Jabatannya itu tercantum dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 676 tanggal 20 Agustus 2018.

Fadhilah Mathar diketahui pernah menempuh pendidikan sarjana di IKIP Jakarta. Kemudian, Ia melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Magister di Universitas Negeri Jakarta. Lalu pada 2015, ia berhasil menyelesaikan pendidikan Doktoral di Universitas Indonesia.

Baca Juga  Mutasi Polri, 412 Pejabat Polda Metro Jaya Dapat Jabatan Baru

Iklan

Fadhilah memperoleh gelar doktor Manajemen Strategi dari Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Saat itu, ia menjadi lulusan ke 195 dari PPIM dan mempertahankan disertasi yang berjudul ”Pengaruh Penyelarasan Strategis Multidimensional Terhadap Kinerja  Proyek Tik di Kementerian Komunikasi dan Informatika”.

Pada tahun 2010, Ia bergabung dengan Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Koordinator Pusat TIK Nasional.  Kemudian, Ia menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI.

Selain berkarier di instansi pemerintahan, Fadhilah juga berkarier di bidang pendidikan. Mengutip laman staff.uinjkt.ac.id, Fadhilah Mathar tercatat sebagai PNS dosen di jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Pada Senin, 14 Agustus 2023, Fadhilah Mathar resmi dilantik Menkominfo sebagai Direktur Utama BAKTI dengan masa jabatan 2023-2028. Fadhilah menggantikan posisi Anang Achmad Latif yang tersandung kasus dugaan korupsi base transceiver station (BTS) 4G.

Namanya terpilih sebagai Dirut BAKTI dalam seleksi kedua. Ia berhasil menyisihkan dua nama peserta lain yang lolos hingga tahapan akhir yakni Ade Dimijanty dan Kustanto. Proses seleksi ini sudah dilakukan sejak jumlah pendaftar jabatan ini mencapai 20 orang. Jumlah itu terus dikerucutkan dan diseleksi menjadi 18, 8, dan sisa 3, sampai akhirnya Fadhilah terpilih.

MOH. KHORY ALFARIZI | RIZKI DEWI AYU



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *