Tata Manajemen ASN dan Smart Birokrasi Ganjar di Jateng Jadi Contoh Bagi Provinsi Lain

Berita286 Dilihat

Senin, 14 Agustus 2023 – 16:23 WIB

Semarang – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerapkan sistem merit berbasis smart birokrasi selama dua periode kepemimpinannya sejak 2013 hingga 2023. 

Baca Juga :

Ganjar Ungkap Kedekatan dengan Yenny Wahid dan Keluarga Gus Dur

Dengan digitalisasi manajemen talenta pegawai, Ganjar menyaring Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan indikator talenta untuk promosi atau mutasi. Tersedia aplikasi digital terintegrasi seperti e-jabatan fungsional, e-mutasi, dan e-file untuk mendukung hal ini.

Aplikasi dan digitalisasi yang diinisiasi Ganjar tersebut pada akhirnya berhasil mencegah praktek jual beli jabatan dan nepotisme di Jateng. Pasalnya seluruh penyaringan ASN dilakukan secara digital.

Baca Juga :

Elektabilitas Capres Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo 38,2 %, Ganjar 35,3 %, Anies 18,4 %.

“Kalau mereka menjadi birokrat yang baik, penuh integritas, maka itu sesuatu yang menjadi prestasi,” kata Ganjar usai menghadiri penganugrahan Bangkom Jateng Award 2023 yang turut dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Kantor BPSDMD Jateng, Kota Semarang, Senin, 14 Agustus 2023.

Meritokrasi yang diciptakan Ganjar di Pemprov Jateng pun menjadi rujukan provinsi lain. Hal itu dibuktikan dengan anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca Juga :

Elite PDIP Isyaratkan Ganjar Pranowo Dipasangkan dengan Cawapres Tokoh NU

Dalam penghargaan itu, Jateng unggul dengan poin 335,5 atau kategori Sangat Baik. KASN juga mempercayakan Pemprov Jateng menggelar sendiri Anugerah Meritokrasi kepada kabupaten /kota di Jateng yang telah menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN dengan kategori Baik. 

“Dan ini berdampak pada layanan publik kemudian meningkatkan kualitas dalam pelayanan ini. Kalau kualitasnya bagus, biasanya ini akan muncul dalam dunia bisnis, bisnisnya bagus. Dalam layanan publik pasti kepuasannya akan naik,” kata Ganjar.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *