BSI Proyeksikan Pangsa Pasar Perbankan Syariah Bisa Tembus 8%

Uncategorized127 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) memproyeksikan market share perbankan syariah RI bisa tumbuh 8% tahun depan. Chief Economist BSI Banjaran Surya Indrastomo menyorot bagaimana dalam 3-4 tahun, market share perbankan syariah bisa tembus 7,3%.

Maka, dari itu Banjaran melihat angka 8% dapat dicapai tahun depan. Namun, diperlukan langkah-langkah percepatan seperti konversi perbankan konvensional.

“Terutama yang sedang di-exercise, bagaimana seperti BPD (Bank Pembangunan Daerah) itu bisa diajak untuk mengarah ke sana dan kita sudah melihat beberapa tren seperti itu. Kalau memang itu terjadi di berbagai macam tempat saya yakin 8% itu cepat [tercapai],” ujar Banjaran di The Tower, Jumat (17/11/2023).

Selain itu, ia menambahkan perlu mendorong penetrasi perbankan syariah seperti di Uni Emirat Arab dan Malaysia yang tingkatnya mencapai 24-40%. Banjaran menyebut diperlukan untuk mengawal perbankan syariah agar tidak hanya di sektor individual.

“BSI ini kan sebenarnya keberadaannya bagaimana bisa merubah syariah tuh nggak kolot kesannya eksklusif. Bahwa syariah ini bisa inklusif dan bisa business relevant,” katanya.

Ia mengatakan pendekatan paling penting dari industri perbankan syariah adalah relevansi bisnis. Sebab, perputaran uang terjadi di sektor usaha. Menurut Banjaran, semakin jauh sektor usaha itu terlibat dengan keuangan syariah, market share pun akan bertambah besar.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BSI Kantongi Laba Rp 2,78 T Semester I-2023, Naik 30,5%

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  DPR Soroti Kerja Erick Benahi Proyek Infra, Puji Kinerja PSSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *