Daftar 10 Orang Terkaya di Jepang, Nomor 1 Punya Bisnis di RI

Uncategorized81 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Meredanya pandemi menggerakkan kembali perekonomian Jepang. Seiring dengan itu, harta konglomerat Jepang pun ikut terkerek naik.

Setelah pandemi Covid-19 mereda, wisatawan mulai kembali ke Jepang pada kuartal pertama tahun 2023. Pasar saham yang kuat, serta indeks acuan yang naik 11% berkontribusi pada kenaikan dua digit kekayaan gabungan 50 orang terkaya di Jepang menjadi US$192 miliar atau sekitar Rp 3.003 triliun.

Menurut daftar Forbes Japan’s 50 Richest, Taipan ritel Tadashi Yanai adalah peraih kekayaan terbesar tahun ini. Ia menambahkan US$11,8 miliar atau sekitar Rp184,52 triliun ke kantongnya dan memperkuat posisinya sebagai orang terkaya di Jepang.

Melonjaknya penjualan di induk dari jaringan ritel pakaian Uniqlo, meningkatkan kekayaan bersihnya sebesar 50% menjadi US$35,4 miliar atau sekitar Rp553 triliun.

Selain itu, Takemitsu Takizaki, pendiri pembuat sensor Keyence, mempertahankan posisi kedua dengan peningkatan kekayaan bersih sebesar US$1 miliar menjadi US$22,6 miliar.

Sementara Masayoshi Son tetap berada di posisi ketiga, meskipun kekayaannya turun sedikit menjadi US$20,9 miliar di tengah penurunan investasi di SoftBank Group, yang melaporkan kerugian US$7,3 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2023.

Di antara para peraih keuntungan lainnya adalah Takahisa Takahara yang kekayaan bersihnya meningkat sebesar US$1,1 miliar menjadi US$7,5 miliar karena saham perusahaan barang perawatan pribadinya Unicharm, yang didirikan oleh mendiang ayahnya, melonjak 22% karena penjualan yang lebih tinggi.

Di sisi lain, kekayaan Yoshiaki Yoshida pun meningkat lebih dari 50% menjadi US$1,55 miliar. Pendiri perusahaan kosmetik dan makanan kesehatan DHC itu mendapat untung setelah perusahaannya diakuisisi oleh raksasa jasa keuangan Orix pada bulan Januari dengan penilaian US$2,4 miliar.

Baca Juga  Kasus Pasar Modal Menjamur, OJK Cabut Izin Broker dan MI

Sementara itu, ada tiga pendatang baru di daftar orang terkaya Jepang tahun ini. Mereka adalah Kenzo Tsujimoto dengan kakayaan US$1,2 miliar. Ia mendirikan dan menjalankan perusahaan video game Capcom dan memiliki kilang anggur Kenzo Estate di California.

Selain itu, Fumio Kaneko juga baru masuk dengan kekayaan US$1,1 miliar dari perusahaan pengelolaan limbah Daiei Kankyo. Ada pula Kakak beradik Ito dengan harta US$4,7 miliar yang muncul untuk pertama kalinya setelah mewarisi kerajaan ritel 7-Eleven milik ayah mereka Masatoshi Ito, yang meninggal pada bulan Maret di usia 98 tahun.

1. Tadashi Yanai & keluarga: $35,4 miliar
2. Takemitsu Takizaki: US$22,6 miliar
3. Masayoshi Son: US$20,9 miliar
4. Nobatuda Saji & Keluarga: US$10,3 miliar
5. Takahisa Takahara: US$7,5 miliar
6. Ito bersaudara: US$4,7 miliar
7. Hideyuki Busujina & Keluarga: US$4,1 miliar
8. Akio Nitori: US$4 miliar
9. Masahiro Noda: US$3,9 miliar
10. Masahiro Miki: US$3,85 miliar

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Cerita Runtuhnya Kerajaan Bisnis Salim Usai Berjaya 3 Dekade

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *