Dramatis, 200 Penumpang Kapal Feri Terbakar di Bakauheni Berhasil Dievakuasi

Uncategorized113 Dilihat

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 00:00 WIB

Lampung – Proses evakuasi 200 penumpang kapal feri KMP Tranship 1 berlangsung dramatis dan berhasil dievakuasi di dermaga 4, Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga :

Bali Dilanda Cuaca Ekstrem, Wilayah yang Tak Diguyur Hujan Diprediksi Meluas

Kepala KSKP Bakauheni AKP Ridho Rafika mengatakan kapal feri yang berlayar dari Pelabuhan Merak itu mengalami kebakaran saat hendak bersandar di Dermaga 6, Bakauheni, Lampung.

“Kurang lebih 3 mil laut dari Dermaga 6, tiba-tiba dari dek kapal muncul asap tebal,” kata Ridho saat dihubungi, Jumat (20/10/2023) sore.

Petugas evakuasi 200 penumpang Kapal Tranship 1 terbakar di Bakauheni, Lampung

Baca Juga :

19 Pekerja Bangunan Puskesmas Diserang KKB di Puncak Papua

Dari keterangan yang dihimpun kepolisian, kebakaran berasal dari truk J&T B 9239 UXW di dalam KMP Tranship 1 itu. “Masih dalam penyelidikan penyebab truk itu terbakar, termasuk muatan yang dibawa,” ucap Ridho.

Kapten kapal yang mendapat laporan terjadinya kebakaran langsung berkoordinasi dengan ASDP dan mengarahkan kapal ke Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni.

“KMP Tranship 1 seharusnya sandar di Dermaga 6, tetapi untuk percepatan evakuasi langsung diarahkan ke Dermaga 4,” kata Ridho.

Ridho mengatakan pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk membantu proses evakuasi para penumpang.

Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sekitar 200 penumpang kapal berhasil dievakuasi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadillah mengatakan proses evakuasi dilakukan secara cepat untuk menyelamatkan para penumpang. “Evakuasi penumpang yang pertama dilakukan,” kata Umi.

Petugas evakuasi 200  penumpang Kapal Tranship 1 terbakar di Bakauheni, Lampung

Petugas evakuasi 200 penumpang Kapal Tranship 1 terbakar di Bakauheni, Lampung

Baca Juga :

Dramatis! Pria Berbobot 100 Kg Berhasil Dievakuasi dari Lubang Pembuangan Air Sedalam 6 Meter

Baca Juga  Kabar Duka TNI, Kolonel Reynold Sandewana Meninggal Dunia

Dalam mengantisipasi situasi yang memerlukan perhatian khusus, Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmy Santika, memerintahkan Kepala Biro Operasi, Direktur Kriminal Umum, dan Direktur Intelkam untuk melakukan pengecekan lapangan secara langsung di Pelabuhan Bakauheni.

Hal ini sangat penting mengingat Pelabuhan Bakauheni adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa satu kapal feri mengalami kebakaran saat hendak bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengonfirmasi kejadian tersebut.

“Kebakaran terjadi pada KMP Tranship 1 yang dimiliki oleh PT Tranship Indonesia dan berlayar dari Merak menuju Bakauheni,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat (20/10/2023) sore.

Untuk itu Kapolda Lampung irjen pol.Helmy Santika memerintahkan Kepala biro Operasi, direktur kriminal umum dan Direktur intelkam untuk melakukan pengecekan secara langsung di lapangan.

Diberitakan sebelumnya, satu unit kapal feri mengalami kebakaran saat hendak sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Telah terjadi kebakaran di KMP Tranship 1 milik PT Tranship Indonesia yang berlayar dari Merak menuju Bakauheni,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10/2023) sore. (Pujiansyah/

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, dilaporkan bahwa satu kapal feri mengalami kebakaran saat hendak bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *