MTI Desak Integrasi Layanan Kereta Cepat dan Elektrifikasi Sistem Perkeretaapian di 3 Kota Ini

Uncategorized83 Dilihat

Rabu, 27 Desember 2023 – 16:39 WIB

Jakarta – Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Tory Damantoro, mengapresiasi langkah pemerintah dalam upaya memodernisasi kereta api di wilayah perkotaan. Dimana pada tahun 2023 ini, MTI mencatat ada 2 proyek besar yang tercatat sebagai capaian gemilang di sektor perkeretaapian modern nasional.

Baca Juga :

KAI Angkut 1,4 Juta Penumpang dalam Seminggu di Periode Libur Nataru

“Pemerintah Indonesia di tahun 2023 ini ada beberapa upaya modernisasi kereta api perkotaan. Salah duanya adalah LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Whoosh,” kata Tory dalam konferensi pers di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Meski demikian, Tory mengatakan bahwa MTI sendiri memiliki dua catatan yang penting, dari perkembangan modernisasi kereta api terbaru di Tanah Air tersebut. Keduanya antara lain yakni, Kereta Cepat Whoosh sudah harus secara urgensi meningkatkan integrasi layanan mereka, terutama di Jakarta dan Bandung.

Baca Juga :

MTI Tegaskan Penambahan Stasiun Baru Kereta Cepat Whoosh Tidak Efektif

Kemudian yang kedua, lanjut Tory, MTI juga mendorong pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, untuk terus menggenjot upaya elektrifikasi sistem perkeretaapian di 3 kota yakni Semarang, Surabaya, dan Medan.

Aktivitas penumpang kereta api di Stasiun Medan.

Baca Juga :

MTI Tegaskan 10 Persen Pajak Kendaraan Bermotor Wajib untuk Bangun Transportasi, Ada Perpresnnya

Hal itu sebagaimana yang sebelumnya sukses dilakukan Kemenhub di Jogja dan Solo, sehingga frekuensi layanan kereta api bisa lebih ditingkatkan dan jaringan rel yang ada bisa maksimalkan.

“Kita juga mendorong Kementerian Perhubungan untuk melakukan elektrifikasi sistem kereta yang ada di Semarang, Surabaya, serta Medan, demi mengulang sukses yang ada di Jogja dan Solo,” kata Tory.

Baca Juga  Harga Mobil Daihatsu Tetap Meski Rupiah Melemah, Ini Rahasianya

“Dengan adanya elektrifikasi, maka frekuensi layanan kereta api bisa lebih ditingkatkan, dan kemudian jaringan jalan rel yang ada bisa maksimalkan untuk pergerakan perkotaan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

“Dengan adanya elektrifikasi, maka frekuensi layanan kereta api bisa lebih ditingkatkan, dan kemudian jaringan jalan rel yang ada bisa maksimalkan untuk pergerakan perkotaan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *