Orang Kaya RI Tertekan, Tabungan di Atas Rp 5 M Susut

Uncategorized166 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan tabungan orang kaya, yakni simpanan dengan nominal di atas Rp 5 miliar bertumbuh 6,79% secara tahunan (yoy) per Agustus 2023. Namun, angka tersebut menurun sedikit bila dibanding bulan Juli yang sebesar 7,69% yoy.

Ketua Dewan Komisioner (DK) LPS Purbaya Yudhi Sadewa memandang penurunan ini terjadi karena sebagian besar telah menggunakan uang mereka sendiri untuk memperluas bisnisnya. Maka dari itu, pertumbuhan tabungan telah melambat.

“Trennya yang [tabungan] di atas Rp 5 miliar cenderung menurun, kita asumsikan sebagian besar adalah perusahaan. Kelihatannya mereka juga sedang bisnisnya atau pakai uang sendiri untuk ekspansi bisnis sehingga tabungannya pertumbuhannya cenderung melambat,” kata Purbaya saat agenda Konferensi Pers Penetapan Tingkat Bunga Penjaminan LPS, Jumat (29/9/2023).

Di samping itu, pertumbuhan tabungan di bawah Rp 100 juta telah meningkat sedikit sebesar 3,87% yoy. Purbaya mengatakan, pertumbuhan tabungan tersebut telah mengalami titik terendahnya di bulan April dengan pertumbuhan minus 8,5% yoy.

Dengan perlambatan pertumbuhan tabungan orang ‘tajir’ yang melambat dan pertumbuhan tabungan Rp 100 juta telah meningkat, Purbaya menyebut ini berasal dari pergerakan ekonomi.

“Kelihatannya pergerakan ekonomi, mulai terasa manfaatnya di jumlah penabung besar tadi. Sehingga mereka bisa nabung lebih banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Purbaya memaparkan per Agustus 2023, penghimpunan DPK (Dana Pihak Ketiga) tumbuh mencapai 6,24% yoy. Kondisi ini diperkirakan akan terus berlanjut sejalan dengan pemulihan ekonomi domestik.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bank Masih Tahan-Tahan Kenaikan Suku Bunga Deposito

(haa/haa)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Tahun Politik, Investor Pantau Sosok Presiden-Partai Penguasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *