Rumah Mewah Disorot, Ternyata Segini Harta Kekayaan Andika Perkasa

Uncategorized30 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Mantan Panglima TNI Andika Perkasa belakangan ramai disorot. Hal ini seiring dengan viralnya rumah Andika Perkasa yang dikunjungi oleh Thariq Halilintar dan diulas dalam konten youtube yang berjudul “Gebrak Rumah” pada tanggal 7 September 2023.

Konten tersebut telah menyedot komentar sebanyak 3.278 dan disukan lebih dari 41.000 akun Youtube, Selasa (23/4/2024). 

Dari luar rumah itu dibangun bergaya Eropa klasik dengan menggunakan banyak ornamen batu alam dan juga batu bata yang dibiarkan terekspos. Senada, interior rumah juga bergaya klasik dengan sejumlah ornamen yang memberikan kesan mewah, seperti lampu gantung hingga ukiran kayu. 

Di dalam rumah yang berlokasi di bilangan Senayan, Jakarta Selatan itu juga dilengkapi fasilitas gym, karena Andika mengatakan kesehatan adalah hal utama bagi keluarganya. 

Sebagaimana diketahui, Andika sebelumnya merupakan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Masa jabatannya terbilang singkat, hanya setahun dari 2021 hingga 2022, sebelum digantikan Laksamana Yudo Margono.

Pada saat baru dilantik, kekayaan Andika tercatat sebesar Rp 179 miliar. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tanggal 26 Maret 2023 atau saat akhir menjabat, harta Andika tercatat telah naik menjadi Rp 184,53 miliar.

Harta ratusan miliar itu terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp 38,92 miliar yang terdiri dari 23 kepemilikan yang terdiri dari tanah, tanah dan bangunan, dan bangunan.

Properti tersebut tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Sleman, Cianjur, Surabaya, Bogor, Tabanan, Bandar Lampung, Bantul, Tangerang. Tidak hanya di dalam negeri, Andika juga tercatat memiliki 1 bangunan di Australia serta 3 tanah dan bangunan di Amerika Serikat. Mayoritas dari kepemilikan ini bersifat hibah tanpa akta, sisanya merupakan hasil sendiri.

Baca Juga  Museum Agraria Penting untuk Dukung Reforma Agraria

Kemudian, Andika hanya tercatat memiliki satu alat transportasi dan mesin, yakni mobil Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun 2018. Mobil senilai Rp 1,8 miliar ini tercatat sebagai hasil sendiri.

Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 10,10 miliar, surat berharga sebesar Rp 3,17 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp 131,43 miliar. Di samping itu, Andika tercatat memiliki utang sebesar Rp 900 juta.

[Gambas:Video CNBC]

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *