Sederet Manfaat Mengejutkan Teh Oolong, Bikin Tubuh Indah dan Langsing

Uncategorized101 Dilihat

VIVA Lifestyle – Orang sering menganggap teh oolong sebagai sesuatu yang terlalu mewah, yang tidak pernah mereka pahami sepenuhnya. Namun, teh ini tidak jauh berbeda dengan teh hitam atau teh hijau biasa bahkan, teh ini bisa dianggap sebagai kombinasi keduanya. 

Baca Juga :

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Selain itu, kami telah menyimpulkan melalui penelitian lainnya bahwa teh oolong memberikan lebih banyak manfaat bagi tubuh dibandingkan varian hijau dan hitamnya.

Teh oolong adalah pilihan yang tepat ketika Anda ingin menikmati minuman panas yang menyegarkan, yang tidak terlalu kuat, namun pada saat yang sama memiliki sedikit kafein dan rasa, sehingga Anda dapat memanjakan selera Anda.

Baca Juga :

Hati-hati, Jengkol Dilarang Konsumsi untuk Orang yang Memiliki Penyakit Ini

Menurut beberapa orang, tidak salah jika mengatakan bahwa menyesap teh ini seperti retret santai selama 5 menit untuk pikiran dan tubuh. Selain itu, meminum teh ini adalah cara yang bagus untuk mencegah diri Anda mengunyah camilan tanpa berpikir panjang.

Baca Juga :

Asam Lambung Naik saat Syuting, Zee JKT48 Sampai Diinfus

Jika Anda adalah seseorang yang mudah merasa lelah di siang hari atau hanya membutuhkan sedikit perhatian dan kasih sayang dari waktu ke waktu, teh oolong pasti sepadan dengan usaha Anda!

Apa itu Teh Oolong?

Sederhananya, teh oolong adalah semi-teh yang difermentasi, yang dikonsumsi secara tradisional di Tiongkok. Ini dihasilkan dengan mengeringkan daun Camellia Sinensis di bawah sinar matahari, membuat sedikit memar, dan kemudian mengoksidasi sebagiannya. Seperti teh hitam, teh ini mengandung campuran katekin dan flavonoid, yang membuat teh ini kaya akan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kesehatan Anda. 

Dibandingkan jenis teh lainnya, varian teh ini memiliki rasa yang unik dan kompleks seperti dilansir dari Pinkvilla, Kamis, 30 November 2023. Di mana aroma bunga dan buah yang nikmat, serta sedikit panggang dan bersahaja seperti teh hitam. Cara paling umum untuk menyiapkan teh oolong adalah dengan memasukkannya ke dalam air panas, namun banyak orang saat ini lebih memilih menyeduh teh dingin atau menambahkan susu ke dalam cangkir mereka, yang juga merupakan cara konsumsi yang sangat baik. 

Nilai Gizi Teh Oolong

Meskipun fakta ini kurang diketahui tentang teh oolong, teh oolong mengandung asam amino tertentu yang dikatakan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan (4). Selain itu, bukti populer menunjukkan bahwa buah ini mengandung sejumlah kecil zat gizi mikro seperti mangan, kalium, magnesium, niasin (vitamin B), dan natrium.

Cara Penyajian Teh Oolong

Berikut beberapa cara menyiapkan secangkir teh oolong:

Jika Anda ingin menyiapkan teh dalam teko Yixing, yang merupakan metode penyeduhan tradisional Tiongkok, Anda hanya perlu menambahkan daun teh dan menuangkan air panas ke atasnya, sampai penuh. Kemudian, tutup penutupnya dan tuangkan air panas ke seluruh wadah untuk menambah rasa. Diamkan beberapa menit, lalu tuang ke dalam cangkir.

Ini adalah cangkir tanah liat tradisional Tiongkok, yang dilengkapi dengan piring dan penutup. Anda bisa mulai dengan menambahkan daun teh dan menuangkan air panas ke atasnya dengan gerakan memutar. Kemudian, tutup dan biarkan meresap.

Baca Juga  Seret Bos-Bosnya, OJK Sanksi Narada Aset Manajemen Rp4,6 M

Setelah selesai, geser tutupnya sedemikian rupa sehingga ada celah yang bagus untuk mengeluarkan minuman. Tekan tutup dan tepi Gaiwan dengan kuat, lalu pegang pada sudut 90 derajat saat menuang. Pastikan tidak ada daun teh yang jatuh ke dalam minuman.

Banyak ketel dan cangkir modern dilengkapi dengan filter baja tahan karat bawaan. Untuk menggunakannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan 2-3 sendok teh daun teh (jumlah lebih sedikit jika berupa cangkir), dan sedikit air panas, lalu tekan tutupnya dengan kuat agar terendam. Setelah 2-4 menit Anda bisa menuangkan teh. Jika berbentuk cangkir, Anda dapat mengeluarkan saringannya dengan hati-hati, memastikan daun teh tidak jatuh ke dalam minuman. 

Meskipun pecinta teh tradisional mungkin tidak menyetujui metode ini, penggunaan teh celup adalah metode yang sangat nyaman untuk menyiapkan teh oolong. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kantong teh ke dalam cangkir, menuangkan air panas, dan menarik tali ke atas dan ke bawah untuk menyerap rasa secara efisien. 

Sama seperti kopi yang diseduh dingin, Anda dapat memasukkan daun teh oolong ke dalam toples atau gelas kaca kedap udara dan diamkan di lemari es selama 4-6 jam. Jangan terlalu lama! Kemudian, saring daunnya dan konsumsi dalam waktu kurang dari 20 jam.

Anda juga bisa memilih untuk menambahkan 1-3 sendok teh susu ke dalam teh oolong Anda, terutama jika masih panas. Jangan ragu untuk mempermanisnya dengan nektar agave, sirup maple, atau madu jika diperlukan. Beberapa varian yang populer termasuk teh oolong persik, teh oolong ginseng, teh oolong melati, dan teh oolong jahe, yang merupakan cara menyenangkan untuk mendapatkan manfaatnya sekaligus memasukkan makanan lain ke dalam makanan Anda.

Sekarang setelah Anda melihat berbagai cara menyiapkan teh oolong, mari kita pahami manfaatnya untuk mengetahui apa yang sedang booming! 

8 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Manfaat teh sudah turun temurun dipercaya dapat menyehatkan badan. Orang Indonesia pun sudah terbiasa untuk menyeruput teh hampir setiap pagi, terutama di pagi hari,

Namun bila selama ini Anda hanya terbiasa menyeduh satu jenis teh saja, agaknya kebiasaan ini harus mulai diubah. Pasalnya, dengan mengonsumsi satu jenis teh saja, Anda akan kehilangan

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :

  • Pixabay/ Public Domain Pictures

peluang untuk mendapatkan berbagai manfaat berharga yang dimiliki oleh varian teh lainnya.

Bikin Tubuh Langsing

Anda yang ingin memiliki bentuk badan langsing, pastikan untuk tidak ketinggalan menyeruput teh oolong. Teh oolong merupakan minuman pembakar lemak terbaik yang juga mengandung niacin.

Keberadaan niacin inilah yang berfungsi mendetoksifikasi tubuh dan menjadi antioksidan terbaik untuk mencegah gigi berlubang.
 
Memfasilitasi Penurunan Berat Badan

Seperti yang diketahui banyak orang, teh oolong bermanfaat bagi tubuh dengan membantu penurunan berat badan. Katekin dalam teh dikatakan dapat meningkatkan metabolisme seseorang dan membantu mengatur keseimbangan energi.

Hal ini terbukti dalam penelitian di Jepang yang dilakukan pada sebelas wanita sehat, yang menyimpulkan bahwa teh oolong menawarkan dua kali lipat jumlah polifenol terpolifenol bagi tubuh mereka dibandingkan teh hijau, sehingga meningkatkan metabolisme energi mereka.

Baca Juga  Dua Saham Grup Kresna Michael Steven Masuk Radar Bursa, Kenapa?

Selain itu, seperti minuman berkafein lainnya, teh oolong membantu mengekang rasa lapar, sehingga Anda cenderung tidak mengonsumsi camilan tidak sehat secara berlebihan hanya karena bosan!

Namun, hal ini hanya dapat menunjukkan hasil yang nyata jika dikonsumsi secara teratur, di samping pola makan sehat dan gaya hidup aktif. Ditambah lagi, kafein dalam teh oolong membakar lemak tanpa mengurangi tingkat energi tubuh Anda.

Dapat Mencegah Kanker

Selain itu, senyawa polifenolnya juga berkontribusi besar terhadap efek antikanker.

Membantu Imunitas

Teh oolong mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang merupakan penambah kekebalan yang sangat baik. Hal ini, dikombinasikan dengan khasiatnya yang meningkatkan kesehatan, membantu mencegah masuk angin dan influenza. Selain itu, sangat bermanfaat dalam menangkal peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mengonsumsinya secara teratur untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. 

Ini adalah Alternatif yang Bagus untuk Kopi

Kandungan kafein pada teh oolong jauh lebih sedikit dibandingkan pada teh hitam atau kopi. Selain itu, kafein dalam teh oolong cenderung tidak menyebabkan dehidrasi pada tubuh atau berdampak negatif pada kebersihan tidur Anda.

Ini menjadikannya alternatif kopi yang nikmat, menyegarkan, dan memberi energi. Selain itu, tidak seperti kopi, teh oolong secara spekulatif menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan gigi dan mencegah kerusakan email gigi. 14

Tidak ada apa pun di dunia ini yang benar-benar tanpa efek samping, termasuk teh oolong kesayangan kita! Berikut ini diuraikan beberapa di antaranya.

Efek Samping Teh Oolong:

Mengonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan sakit perut, mual, naiknya asam lambung, dan mulas. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh tanin yang ada dalam teh oolong bereaksi dengan asam pencernaan yang ada di usus, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Minum teh oolong pada waktu yang salah juga dapat memengaruhi buang air besar, dan menyebabkan masalah seperti diare.  

Dan, jika Anda termasuk orang yang sudah menderita masalah kecemasan, konsumsi teh dalam jumlah berlebihan bisa memperburuknya! 14 Konsumsi teh oolong secara berlebihan, seperti minuman berkafein lainnya, dapat menyebabkan Anda merasa gelisah dan gelisah. Kafein kemungkinan akan membuat detak jantung Anda meningkat secara tidak wajar, sehingga menimbulkan kecemasan dan stres yang dapat mengganggu kesejahteraan Anda .

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar efek negatif teh oolong berakar pada konsumsi berlebihan atau konsumsi pada waktu yang salah. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengonsumsi tidak lebih dari satu hingga tiga cangkir sehari, di pagi hari (setelah sarapan) dan sore hari (setelah makan siang) untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, meminum teh susu oolong dibandingkan teh biasa dapat mencegah masalah seperti refluks asam. 

Halaman Selanjutnya

Source :

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *