Sempat Bikin Heboh, Begini Sederet Fakta Saranjana Kalimantan yang Bikin Bulu Bergidik

Uncategorized134 Dilihat

Jakarta – Anda pasti sudah tak asing mendengar nama Kota Saranjana, bukan? Jika sudah, mari kita lebih dalam mengenali kota tersebut lebih dalam. Begitupun jika belum mengetahuinya, lebih baik simak artikel berikut ini untuk menikmati ulasannya yang dijamin bisa bikin bulu kuduk kamu bergidik.

Baca Juga :

Ganjar Pranowo Gunakan Baju Dayak Hadiri Nitilaku Dies Natalis UGM ke-74

Kota Saranjana

Kota Saranjana sempat menghebohkan warga Twitter beberapa waktu lalu. Hal tersebut bermula saat Gusti Guna membagikan cerita soal keberadaan Kota Saranjana tersebut. Saking menariknya diperbincangkan, isu Kota Saranjana sukses menggemparkan warga Twitter.

Baca Juga :

Gibran akan ke Kalimantan, Ikuti Jejak Ganjar Kunjungi IKN?

Berdasarkan keterangan yang dibagikan oleh Gusti Guna, ia melakukan penelusuran Kota Saranjana selama dua minggu di Kalimantan.  Hal tersebut dikarenakan, kota ini dianggap oleh juru kunci setempat sebagai titik perbatasan antara dunia manusia dengan dunia gaib. 

Baca Juga :

Gibran Akan Kampanye di Kalimantan

Melegendanya kisah dibalik Kota Saranjana pun  membuat masyarakat dibuat penasaran. Terlebih kota tersebut sangat misterius keberadaannya yang ternyata tidak tercatat dalam peta Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kami bagikan sederet fakta Kota Saranjana di Kalimantan yang penuh misteri.

Pernah Ditemukan di Peta Kuno

Bukan di peta Indonesia, siapa sangka Kota Saranjana justru ditemukan di peta kuno. Berdasarkan hasil penelitian, Saranjana ditemukan pernah ada di wilayah Kalimantan Selatan. Kota ini terletak di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru.

Ada beragam bukti nyata terkait keberadaan Kota Saranjana, yakni mulai dari peta hingga kamus yang dibuat di masa Hindia Belanda.

Kota Tak Kasat Mata

Saranjana kerap disebut sebagai kota gaib alias kota yang tidak tercatat dalam peta Indonesia. Tetapi keberadaannya diyakini oleh masyarakat Kalimantan.

Baca Juga  Bank Mandiri Lepas Seluruh Kepemilikan Saham di Asuransi AXA

Bagi masyarakat di sana, Saranjana disebut sebagai kota yang tak kasat mata dan tak bisa dilihat oleh orang awam, kecuali dengan mata batin.  Bahkan peradabannya disebut sangat maju dengan jejeran gedung menjulang tinggi bak kota impian.

Sulit Dijangkau Manusia Biasa

Kota Saranjana memang meninggalkan rasa penasaran banyak orang. Kota ini juga masih menjadi misteri, bagaimana cara akses menuju kesana. Beberapa orang mengatakan, kota tersebut terletak di dalam dimensi paralel yang sulit dijangkau manusia biasa.

Dalam thread @GustiGina disebutkan bahwa ia bertemu dengan 20 orang saksi yang pernah memasuki kota Saranjana. Namun, ada satu saksi yang meskipun berhasil kembali dengan selamat, saat itu mengalami masalah kesehatan mental.

Asal Usul Nama Saranjana

Saranjana, Sarangjana, atau Serandjana dalam catatan naturalis Belanda memiliki persamaan dengan Sarangtiung. Saranjana terletak di bagian selatan Pulau Laut, semetara Sarangting berada di bagian utaranya.

Untuk menggambarkan adanya kemiripan dan keterhubungan ini, diperlukan penyelidikan lebih lanjut. Namun, berdasarkan analisis bahasa tersebut menunjukkan bahwa tempat ini memiliki unsur ‘sarang’.

Adapun yang membandingkan dengan kosakata India, “Saranjana” memiliki arti tanah yang diberikan. Akan tetapi, pendapat ini juga masih bersifat cocoklogi dan belum ditemukan bukti-bukti yang mendasari.

Dihuni Makhkulk Astral

Kota Saranjana diketahui dihuni oleh makhluk astral tak kasat mata. Namun pendapat lain mengungkapkan sejatinya penghuni kota ini adalah manusia, namun sudah menjadi sosok gaib. Cukup menyeramkan bukan?

Dari beberapa pendapat orang yang mengklaim dirinya pernah masuk ke Kota Saranjana, diungkapkan kota ini benar-benar maju dan modern. Jalan raya berukuran lebar, gedung yang megah, serta canggihnya sistem kota yang digunakan, membuat semua orang takjub.

Baca Juga  Bayar Utang LN dan Stabilisasi Rupiah

Dengan bentuk pemerintahan kerajaan, kabarnya mayoritas penduduk di kota tersebut memeluk agama Islam.

Klaim Buah Raksasa

Mungkin hal ini akan membuat Anda terkejut. Disini menurut beberapa sumber, bahwa 
semua buah berukuran raksasa atau sangat besar. Jenis buahnya sendiri serupa dengan buah-buahan yang dikenal di dunia saat ini, namun ukurannya tidak wajar.

Suara Aneh di Malam Hari

Fakta Kota Saranjana yang keempat adalah bahwa di malam hari, beberapa orang terpilih bisa mendengar suara-suara di sekitar Gunung Saranjana, tempat lokasi Kota Saranjana dikabarkan. Suara ini beragam, mulai dari alunan musik, hingga kendaraan yang lewat.

Itu tadi sekilas fakta Kota Saranjana, kota misterius yang diklaim berada di wilayah Kalimantan, dan memiliki peradaban yang lebih maju. 

Dihubungkan dengan Legenda Gunung Sebatung

Keberadaan kota gaib bernama Saranjana turut dihubung-hubungkan dengan adanya sebuah cerita legenda penciptaan Gunung Sebatung di Kalimantan. Dulu wilayah Pulau Laut dikuasai oleh Kerjaan Halimun yang dipimpin Raja Pakurindang.

Sejarawan ULM Mansyur menceritakan kisah legenda masyarakat terkait penciptaan Gunung Sebatung itu. Dikisahkan bahwa Raja Pakurindang memiliki dua anak, Sambu Ranjana dan Sambu Batung yang sering bertengkar.

Sang raja pun ingin menyudahi pertikaian kedua putranya dengan membagi wilayah kekuasaan. Sambu Batung akhirnya menguasai alam manusia yang kemudian menjelma menjadi Gunung Sebatung.

Sementara Sambu Ranjana mengambil jalan lain. Dia tak ingin ikut bersama saudaranya sehingga kemudian membangun Kota Saranjana di alam gaib.
 

Halaman Selanjutnya

Pernah Ditemukan di Peta Kuno



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *