The Fed Masih Hawkish, Aset Investasi Ini Masih Menarik!

Uncategorized165 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Sikap hawkish bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) membuat investor seluruh dunia semakin berhati-hati memarkirkan uang mereka, baik itu instrumen pilihan atau di mana instrumen tersebut dibeli. Meski demikian, nyatanya ada satu kelas aset yang menjadi atraktif kala bank sentral mempertahankan suku bunga tinggi.

Chief Digital Officer PT Mega Capital Sekuritas InvestasiKu Firman Marihot menjelaskan Suku bunga tinggi menyebabkan efek-efek yang sifatnya pendapatan tetap akan lebih menarik karna memberikan imbal hasil (yield) lebih tinggi.

Hal terlihat dari penerbitan obligasi baru yang ramai diserbu investor. Hal ini dikarenakan keterkaitan langsung antara suku bunga dan besaran kupon obligasi yang ditawarkan. Secara umum kupon obligasi akan selalu berada di atas suku bunga acuan. Hal ini menyebabkan pada era suku bunga tinggi kupon obligasi yang ditawarkan juga tinggi, begitu juga sebaliknya.

Meski era suku bunga tinggi membuat likuiditas terbatas, Firman menegaskan Investor yang baik adalah yang bisa membaca kondisi ekonomi dan memanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

“Investor yang jeli mereka memastikan cuan dari setiap instrumen,” terang Firman dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2023, Best Securities dan Fund Manager, Rabu (27/9).

Dirinya juga menambahkan meski instrumen investasi pendapatan tetap cukup atraktif di era suku bunga tinggi, investor yang bijak tentu akan melakukan diversifikasi portofolio. Hal ini karena sejumlah instrumen lain juga menawarkan mitigasi risiko apabila dilakukan pilihan yang baik, baik itu di saham maupun reksa dana.

Apalagi dengan luasnya pilihan yang ada di pasar ekuitas domestik dengan 11 sektor saham dan puluhan sub sektor.

Baca Juga  Jangan Cuma Bisnis, Nabung Emas Buat Lawan Masa Sulit

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Literasi Keuangan Jooara-Allobank-InvestasiKu ke AIESEC BDG

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *